SYARAT DAN KETENTUAN

ATAS

BIAYA PENANGANAN

  1. Syarat dan Ketentuan atas Biaya Penanganan ini (“Syarat dan Ketentuan Biaya Penanganan”) berlaku untuk mengatur penggunaan layanan (transaksi pembayaran kepada merchant menggunakan metode pembayaran yang tersedia dalam Aplikasi DANA, yaitu antara lain kartu debit dan/atau kartu kredit maupun Saldo DANA yang disediakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe pada Aplikasi DANA (“DANA”) dan/atau perusahaan afiliasinya, termasuk PT Aliansi Teknologi Indonesia (“ATI”) (selanjutnya DANA dan ATI secara bersama-sama disebut sebagai “Kami”).

    Dengan melanjutkan transaksi atau menggunakan layanan-layanan di atas pada Aplikasi DANA, anda selaku Pengguna setuju atau dianggap menyetujui Syarat dan Ketentuan Biaya Penanganan.

  2. Biaya Penanganan merupakan biaya atas penggunaan layanan Aplikasi DANA yang dikenakan oleh ATI kepada setiap Pengguna DANA untuk tujuan peningkatan kualitas layanan dan pemeliharaan sistem di Aplikasi DANA sehingga Kami dapat melayani Pengguna dengan lebih baik lagi. Peningkatan layanan ini mencakup antara lain pengembangan layanan melalui inovasi dan teknologi.

  3. Biaya penanganan yang dikenakan kepada Pengguna bervariasi tergantung pada metode pembayaran yang dipilih Pengguna dimana beberapa pilihan metode pembayaran masih diberikan promo bebas Biaya Penanganan. Pengguna dikenakan Biaya Penanganan berdasarkan besaran total transaksi pembayaran kepada merchant yang dilakukan oleh Pengguna dengan rincian sebagai berikut:

    Metode Pembayaran Nominal Transaksi Besaran Biaya Penanganan
    Kartu debit atau kartu kredit (khusus pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit berlogo Mastercard, Amex & JCB) Kurang dari Rp100.000 Rp1.500
    Rp100.000 – Rp1.000.000 Rp2.500
    Rp1.000.001 – Rp3.000.000 Rp10.000
    Rp3.000.001 – Rp5.000.000 Rp20.000
    Di atas Rp5.000.000 2% dari nominal transaksi dengan maksimal besaran Biaya Penanganan sebesar Rp200.000
    Kartu debit atau kartu kredit (khusus transaksi selain top up & pembayaran QRIS menggunakan kartu debit atau kartu kredit berlogo VISA) Kurang dari Rp100.000 Rp1.500
    Rp100.000 – Rp1.000.000 Rp2.500
    Rp1.000.001 – Rp3.000.000 Rp10.000
    Rp3.000.001 – Rp5.000.000 Rp20.000
    Di atas Rp5.000.000 2% dari nominal transaksi dengan maksimal besaran Biaya Penanganan sebesar Rp200.000
    Kartu debit atau kartu kredit (khusus transaksi top up & pembayaran QRIS menggunakan kartu debit atau kartu kredit berlogo VISA) Kurang dari Rp100.000 Rp0
    Rp100.000 – Rp1.000.000 Rp0
    Di atas Rp1.000.000 Rp0
    Express Pay atau Direct Debit Seluruh nominal Rp0
    Saldo DANA Seluruh nominal Bebas Biaya Penanganan
    DANA Cicil Seluruh nominal Bebas Biaya Penanganan
  4. Biaya Penanganan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

  5. Dalam hal terdapat pembatalan transaksi Pengguna atas transaksi pembayaran kepada merchant secara penuh atau sebagian, maka proses pengembalian uang Transaksi (refund) akan dilakukan secara proporsional/pro rata. Pengembalian uang Transaksi (refund) secara penuh akan mengembalikan Biaya Penanganan, dengan contoh ilustrasi sebagai berikut:

    Pengembalian Uang Transaksi Penuh
    Jumlah Transaksi : Rp. 100.000,00
    Biaya Penanganan : Rp. 1.500,00
    Total Pembayaran : Rp. 101.500,00
    Total Pengembalian Uang Transaksi : Rp. 101.500,00
  6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dalam hal terjadi pembatalan sebagian dan perlu adanya pengembalian uang Transaksi (refund) secara partial, maka pengembalian uang Transaksi (refund) secara partial tidak mengembalikan Biaya Penanganan kepada Pengguna, dengan contoh ilustrasi sebagai berikut:

    Pengembalian Uang Transaksi Parsial
    Jumlah Transaksi
    (terdiri dari 2 pesanan,
    masing-masing seharga Rp50.000)
    : Rp. 100.000
    Biaya Penanganan : Rp. 1.500,00
    Total Pembayaran : Rp. 101.500,00
    Jumlah Pesanan
    yang dibatalkan
    : Rp. 50.000
    Biaya Penanganan : Rp0
    Total Pengembalian
    Uang Transaksi
    : Rp. 50.000
  7. Kami dapat mengubah, menambah atau memodifikasi Syarat dan Ketentuan Biaya Penanganan ini dengan pemberitahuan kepada Pengguna melalui media yang kami tunjuk.

  8. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga akses terhadap akun DANA milik Pengguna bila terjadi suatu proses akses yang tidak terotorisasi dan/atau penggunaan Perangkat Telekomunikasi secara tidak sah oleh pihak ketiga manapun.

  9. Pengguna menjamin dan bertanggung jawab bahwa setiap transaksi yang dilakukan Pengguna pada Aplikasi DANA, termasuk pembayaran kepada merchant menggunakan metode pembayaran apapun, merupakan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna sendiri. Pengguna harus melakukan segala hal yang diperlukan untuk menjaga keamanan akun DANA serta keamanan dan kerahasiaan kata sandi maupun OTP akun DANA miliknya. Pihak resmi DANA tidak pernah meminta OTP dan password akun Pengguna. Mohon untuk tidak menginfokan data tersebut ke pihak mana pun. Pengguna memahami bahwa Pengguna sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang timbul atas penyalahgunaan akun DANA Pengguna karena kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna. Pengguna akan segera memberitahu EDIK jika mengetahui atau mengira bahwa akses terhadap akun DANA miliknya telah hilang atau dicuri atau terjadi transaksi yang tidak terotorisasi melalui call center DANA 1500 445 atau DANA Digital Assitance (DIANA) atau email help@dana.id.

  10. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan Biaya Penanganan ini harus dibaca bersama-sama dengan Syarat dan Ketentuan Aplikasi DANA dan Kebijakan Privasi DANA, serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Syarat dan Ketentuan Biaya Penanganan ini merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dengan dari Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi pada Aplikasi DANA. Setiap istilah yang digunakan pada Syarat dan Ketentuan Biaya Penanganan ini juga dapat merujuk pada Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi pada Aplikasi DANA. Dalam hal terdapat inkonsistensi atau pertentangan antara Syarat dan Ketentuan Biaya Penanganan terhadap Syarat & Ketentuan Aplikasi DANA, maka Syarat dan Ketentuan Biaya Penanganan ini yang akan berlaku sejauh terhadap inkonsistensi atau pertentangan tersebut.

TERMS AND CONDITIONS

FOR

HANDLING FEE

  1. These Terms and Conditions for Handling Fee ("Terms and Conditions of Handling Fee") apply to regulate merchant payment transaction using payment methods available on DANA Application such as debit card and/or credit card and DANA Balance provided by PT Espay Debit Indonesia Koe in DANA Application (“DANA”) and/or its affiliated companies, including PT Aliansi Teknologi Indonesia (“ATI”) (afterwards DANA and ATI together will be deemed as “We”).

    By continuing the transaction or using the above services on DANA Application, you as a User agree or deemed to agree to these Terms and Conditions for Handling Fee.

  2. Handling Fee is a fee for using DANA Application services charged by ATI to each DANA User for the purpose of improving service quality and system maintenance on DANA Application so We can serve the User better. This service improvement includes, among other things, service development through innovation and technology.

  3. The Handling Fee charged to Users varied depending on the payment method chosen by the User, where several payment method options are still given a free Handling Fee promo. User is charged a Handling Fee based on the total amount of merchant payment transaction made by User with the following details:

    Payment Method Transaction Amount Handling Fee Amount
    Debit Card or Credit Card (for payment using Debit Card or Credit card with Mastercard or Amex or JCB logo) Less than Rp100.000 Rp1.500
    Rp100.000 – Rp1.000.000 Rp2.500
    More than Rp1.000.000 1.5% of the nominal transaction with maximum Handling Fee of Rp150.000
    Debit Card or Credit Card (for transaction other than top up & QRIS using Debit Card or Credit card with VISA logo) Less than Rp100.000 Rp1.500
    Rp100.000 – Rp1.000.000 Rp2.500
    More than Rp1.000.000 1.5% of the nominal transaction with maximum Handling Fee of Rp150.000
    Debit Card or Credit Card (for top up & QRIS transaction using Debit Card or Credit card with VISA logo) Less than Rp100.000 Rp0
    Rp100.000 – Rp1.000.000 Rp0
    More than Rp1.000.000 Rp0
    Express Pay or Direct Debit All nominal Rp0
    DANA Balance All nominal Free Handling Fee
    DANA Cicil All nominal Free Handling Fee
  4. Handling fee includes Value Added Tax (VAT) in accordance with applicable tax regulations in Indonesia.

  5. In the event that there is a cancellation of User's transaction regarding merchant payment transaction in full or in part, the transaction refund process will be conducted proportionally/pro rata. A full transaction refund will refund the Handling Fee, with an illustrative example as follows:

    Full Refund
    Transaction Sum : Rp. 100.000
    Handling Fee : Rp. 1.500
    Total Payment : Rp. 101.500
    Total Refund : Rp. 101.500
  6. User understands and agrees that in the event of partial cancellation and the need for a partial refund of the Transaction, the partial refund of the Transaction does not return the Handling Fee to User, with an illustrative example as follows:

    Partial Fund
    Transaction Sum
    (consist of 2 orders,
    each Rp50,000)
    : Rp. 100.000
    Handling Fee : Rp. 1.500
    Total Payment : Rp. 101.500
    Partial Refund Amount : Rp. 50.000
    Handling Fee : Rp0
    Total Transaction Refund : Rp. 50.000
  7. We can change, add or modify these Handling Fee Terms and Conditions by notifying Users through the media we designate.

  8. User is responsible for maintaining access to User’s DANA Account in the event of an occurrence of unauthorized access process and/or unauthorized use of the Telecommunication Device by any third party.

  9. The User guarantees and is responsible that every transaction the User makes on the DANA Application, including payments to merchants using any payment method, is a transaction carried out by the User himself. User must do everything necessary to maintain the security of his/her DANA Account as well as the security and confidentiality of his/her DANA Account password and OTP. DANA official party never ask for User’s account passwords and OTP. Please do not disclose this data to any party. User understands that User is fully responsible for any loss or damage arising from misuse of User's DANA Account due to User's fault and/or negligence. User will immediately notify DANA if he/she knows or suspects that access to his/her DANA Account has been lost or stolen or an unauthorized transaction occurs through the DANA call center 1500 445 or DANA Digital Assitance (DIANA) or email help@dana.id.

  10. User understands and agrees that these Terms and Conditions for Handling Fee must be read together with DANA Application Terms and Conditions and DANA Privacy Policy, as well as the provisions of applicable laws and regulations. These Terms and Conditions for Handling Fee are an integral and inseparable part of DANA Application Terms and Conditions and DANA Privacy Policy on DANA Application. Each term used in these Terms and Conditions for Handling Fee may also refer to the Terms and Conditions and Privacy Policy on DANA Application. In the event that there is an inconsistency or conflict between these Terms and Conditions for Handling Fee and DANA Application Terms and Conditions, these Terms and Conditions for Handling Fee will apply to the extent of the inconsistency or conflict.