PERJANJIAN LAYANAN EXPRESS PAY (“PERJANJIAN”) UNTUK PENGGUNA DANA
Tanpa mengesampingkan Syarat dan Ketentuan Dalam Aplikasi DANA, dalam menggunakan Layanan Express Pay dari DANA, Pengguna sepakat untuk mengikatkan diri, menyetujui dan mematuhi Perjanjian untuk Pengguna DANA sebagai berikut:
I. DEFINISI
- DANA atau selanjutnya dapat disebut “Kami” berarti merek dari layanan dompet elektronik yang dibuat oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (“PT EDIK”). Dalam menyelenggarakan layanan dompet elektronik, PT EDIK telah memperoleh izin sebagai Penyedia Jasa Pembayaran dari instansi yang berwenang.
- Akun DANA berarti akun Pengguna dalam Aplikasi DANA.
- Aplikasi DANA berarti aplikasi mobile yang dikelola oleh PT EDIK yang menyediakan layanan pembayaran sehubungan dengan transaksi pembayaran yang dilakukan oleh Pengguna; layanan yang berkaitan dengan pelunasan dengan Merchant sehubungan dengan pembayaran tersebut dan/atau layanan terkait lainnya.
- Express Pay berarti layanan pembayaran online atau pendebitan online dengan menghubungkan Sumber Dana dengan Aplikasi DANA.
- Merchant berarti merchant online atau merchant offline yang menerima pembayaran akhir dalam proses card scheme.
- Sumber Dana berarti kartu debit atau kartu kredit yang diterbitkan Bank yang ditunjuk oleh Pengguna dan telah disimpan pada layanan dompet elektronik PT EDIK melalui fitur Simpan Kartu di Aplikasi DANA.
- Penguna atau “Anda” adalah pihak yang menggunakan layanan di Aplikasi DANA, termasuk layanan Express Pay.
- Permintaan Express Pay berarti permintaan tertulis, lisan, atau elektronik (termasuk Perjanjian) antara DANA dan nama Anda yang mengizinkan DANA untuk menjalankan Express Pay.
II. UMUM
- Jika Anda mengonfirmasi atau memilih untuk menerima Perjanjian ini berarti Anda telah mencapai kesepakatan dengan DANA dan setuju untuk tunduk pada seluruh ketentuan dalam Perjanjian ini.
- Kami menyarankan Anda untuk membaca seluruh isi Perjanjian ini dengan hati-hati dan jika Pengguna tidak setuju untuk menerima salah satu seluruh isi dari ketentuan dalam Perjanjian ini atau Anda tidak memahami arti dari istilah yang relevan secara akurat, harap jangan melanjutkan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang ketentuan dalam Perjanjian ini, silahkan hubungi Layanan Pengguna DANA melalui kontak berikut:
- Pengguna sepakat dan memahami bahwa DANA berhak sewaktu-waktu untuk mengubah atau memodifikasi ketentuan dalam Perjanjian ini yang pemberitahuannya dapat diberitahukan kepada Pengguna melalui Aplikasi DANA atau melalui media komunikasi lainnya. Jika Pengguna tidak sepakat dengan perubahan atau modifikasi tersebut, Pengguna berhak untuk menangguhkan, menghentikan, atau memutuskan penggunaan layanan Express Pay.
- Pengguna sepakat untuk bertindak sesuai dengan semua arahan wajar yang diberikan oleh DANA dan/atau bank (sebagaimana relevan) dari waktu ke waktu untuk mematuhi semua undang-undang, peraturan, dan aturan card scheme yang berlaku.
- Pengguna setuju untuk memberikan DANA semua informasi yang diperlukan yang relevan dengan Pengguna dan layanan Express Pay untuk memungkinkan DANA menjalankan layanan Express Pay dan untuk memberi tahu DANA tentang setiap perubahan terkait informasi Anda yang relevan dengan Anda dan layanan Express Pay.
- Pengguna mengakui bahwa DANA bergantung pada seluruh informasi yang Pengguna berikan dan Permintaan Express Pay dan DANA tidak diharuskan untuk memverifikasi atas hal-hal yang dirujuk dalam arahan tertulis yang diterimanya berasal dari Pengguna atau informasi yang terkandung dalam Permintaan Express Pay.
- Pengguna bertanggung jawab atas penggunaan layanan Express Pay melalui Aplikasi DANA sesuai dengan Perjanjian ini, syarat dan ketentuan Aplikasi DANA, Kebijakan Privasi Akun Pengguna DANA, ketentuan penggunaan Express Pay, serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perjanjian ini merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dengan dari Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi Akun Pengguna DANA. Pengguna setuju untuk tidak menyalahgunakan fitur ini untuk kepentingan yang dapat merugikan DANA dan/atau Pengguna DANA lainnya.
III. Permintaan Express Pay
- Pengguna mengetahui dan menyetujui bahwa Permintaan Express Pay yang Pengguna berikan bersifat pribadi kepada DANA dan tidak ada orang lain yang berhak, izin, atau mempunyai otorisasi untuk melakukan transaksi pendebitan dari Akun DANA Pengguna dengan mengandalkan Permintaan Express Pay (kecuali disahkan oleh DANA secara tertulis). Pengguna bertanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa seluruh informasi yang diberikan untuk keperluan Permintaan Express Pay serta nominal pembayaran yang dimasukkan adalah benar dan akurat. Seluruh akibat hukum yang disebabkan oleh kesalahan Pengguna dalam memasukkan informasi yang diperlukan untuk Permintaan Express Pay dan/atau kesalahan input nominal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
- Pengguna mengakui dan setuju bahwa setiap transaksi yang dilakukan oleh orang lain tanpa otorisasi merupakan pelanggaran material terhadap Perjanjian ini dan bukan merupakan transaksi yang sah.
- Pengguna wajib dan bertanggung jawab untuk menyimpan semua Permintaan Express Pay (dalam format cetak atau elektronik) di tempat yang aman dan terlindungi.
- DANA berhak untuk menghentikan atau menangguhkan Permintaan Express Pay Pengguna atau menolak Permintaan Express Pay apa pun apabila sewaktu-waktu DANA meyakini bahwa Pengguna terkait atau terdapat orang lain yang telah bertindak curang sehubungan dengan Permintaan Express Pay yang merugikan DANA dan/atau Pengguna lainnya.
- Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul dari kesalahan, penyalahgunaan atau kelalaian Pengguna sehubungan dengan Permintaan Express Pay.
- Pengguna harus menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi ataupun OTP Akun DANA ataupun verifikasi dan otoentikasi terkait lainnya yang merupakan miliknya. Pihak resmi DANA tidak pernah meminta OTP dan kata sandi Akun DANA Pengguna. Pengguna memahami dan setuju untuk tidak menginfokan data tersebut ke pihak manapun. Pengguna memahami bahwa Pengguna sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang timbul atas penyalahgunaan Akun DANA Pengguna karena kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna.
IV. SYARAT DAN KETENTUAN KHUSUS
- Pengguna harus memastikan serta menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah pemegang yang sah atas kartu debit atau kartu kredit asli yang menggunakan layanan Express Pay ini. Pengguna harus menggunakan kartu debit atau kartu kredit secara legal dan efektif dan tidak melanggar hak hukum pihak ketiga mana pun. Jika tidak, jika DANA dan/atau Pengguna mengalami kerugian karena penyalahgunaan di atas, maka Pengguna bertanggung jawab atas kompensasi, mengambil semua tanggung jawab hukum termasuk tetapi tidak terbatas pada menghentikan pembayaran, menghentikan atau menangguhkan Sumber Dana di Akun DANA Pengguna yang menyediakan layanan Express Pay untuk Anda.
- Pengguna wajib memeriksa kembali dan mengonfirmasi seluruh data transaksi yang ditampilkan di Aplikasi DANA dan/atau situs Merchant, dan/atau aplikasi Merchant sebelum melanjutkan transaksi. Setelah Pengguna memberikan persetujuannya atas transaksi yang ditampilkan, maka Transaksi yang telah diproses oleh DANA tidak dibatalkan dan segala akibat yang timbul sehubungan dengan dijalankannya transaksi menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
- Pengguna harus memastikan bahwa pembukaan layanan Express Pay ini yang disediakan oleh ponsel dapat mengotorisasi pembayaran keaslian harta dari nomor telepon yang diberikan kepada Pengguna oleh saluran pihak ketiga untuk memverifikasi validitas.
- Pengguna juga harus menyimpan kartu bank, nomor kartu, password, nomor telepon penerbit kartu dan Akun DANA, password, informasi digital, payment shield, PO order (jika ada) phone dynamic password, atau cek kode DANA yang dikirimkan kepada Pengguna dan kartu debit atau kartu kredit atau semua informasi dan perangkat dan Akun DANA yang relevan. Jika Pengguna kehilangan atau mengungkapkan informasi tersebut di atas, Pengguna harus segera memberi tahu penerbit kartu/bank dan/atau DANA untuk mengurangi kemungkinan kehilangan. Apakah Pengguna telah memberi tahu atau tidak kepada bank penerbit dan/atau DANA, kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna merupakan tanggung jawab Pengguna.
- Saat menggunakan layanan Express Pay, Pengguna harus dengan hati-hati mengonfirmasi transaksi termasuk namun tidak terbatas pada jumlah, nama, dan tujuan pembayaran/transaksi.
- Pengguna mengetahui dan menyetujui bahwa instruksi yang Pengguna berikan tidak dapat ditarik kembali atau dicabut, DANA dapat menugaskan bank atau pihak ketiga berdasarkan instruksi Pengguna dari bank, menarik dana yang dipotong ke Merchant.
- Pengguna bertanggung jawab penuh atas keaslian dan keabsahan instruksi yang dikeluarkan selama menggunakan layanan Express Pay. Pengguna berjanji bahwa segala risiko dari kegiatan DANA selama sesuai dengan instruksi Pengguna maka akan ditanggung oleh Pengguna.
- Pengguna mengetahui dan dengan ini setuju bahwa DANA melakukan pencatatan untuk membayar jumlah transaksi penggunaan data yang tercatat dan data lainnya, yang dicatat oleh Aplikasi DANA dari subyek data.
- Pengguna wajib memastikan tersedianya pulsa pada Nomor DANA Pengguna karena DANA dan/atau bank penerbit kartu berhak dan mungkin membebankan biaya untuk pengiriman SMS kepada Pengguna untuk setiap transaksi yang memerlukan kode OTP termasuk namun tidak terbatas pada saat Pengguna melakukan penyimpanan kartu, transaksi, dan pada saat terdapat perubahan limit dari DANA/bank penerbit kartu/otoritas yang berwenang. Biaya SMS akan ditentukan sesuai dengan kebijakan masing-masing operator seluler.
- Pengguna setuju bahwa DANA berhak untuk menyimpan informasi terkait yang telah Pengguna isi dan serahkan di Aplikasi DANA dan memberikan kuasa kepada DANA untuk menanyakan informasi Sumber Dana termasuk namun tidak terbatas pada saldo kartu debit, dan lain-lain untuk selanjutnya ditindaklanjuti kepada Pengguna yang relevan dengan layanan Express Pay ini. Layanan Express Pay termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan informasi ini untuk kegiatan promosi atau menyediakan produk atau layanan lain yang lebih baik di masa mendatang.
- DANA dapat dengan kebijakan mutlaknya, dapat menangguhkan layanan Express Pay, termasuk menangguhkan Akun DANA Pengguna dan memproses pembayaran apa pun kepada Pengguna atau rekening bank penyelesaian milik Pengguna apabila:
- Pelanggaran dari DANA dan/atau syarat, perjanjian, peraturan, pemberitahuan, dan ketentuan DANA lainnya yang relevan;
- Kartu debit atau kartu kredit Pengguna tidak valid atau kadaluwarsa;
- DANA mencurigai atau meyakini bahwa Pengguna telah melakukan tindakan melawan hukum, curang, tidak bermoral atau tidak pantas dalam menggunakan layanan Express Pay;
- Adanya permintaan dari bank Penerbit kartu terkait yang mencurigai atau meyakini bahwa Pengguna telah melakukan Tindakan melawan hukum, atau lainnya sesuai hasil analisa bank; dan/atau
- Hal ini sebaliknya juga berlaku untuk DANA dalam keadaan yang sama.
Pengguna dengan ini secara tegas melepaskan dan mengganti kerugian kepada DANA terhadap tuntutan yang timbul atau mungkin timbul terhadap DANA atas penangguhan layanan Express Pay tersebut di atas.
- Pengguna dapat mengakhiri Perjanjian ini dengan segera, dan DANA akan memberhentikan layanan Express Pay apa pun kepada Pengguna sejak tanggal pemberhentian:
- Jika terjadi peristiwa kepailitan sehubungan dengan DANA;
- Jika DANA melakukan pelanggaran material terhadap kewajiban berdasarkan Perjanjian ini dan pelanggaran tersebut berlanjut selama lebih dari 30 hari setelah DANA menerima pemberitahuan tertulis tentang pelanggaran yang relevan dari Pengguna.
- Jika DANA gagal menyediakan layanan Express Pay untuk jangka waktu 14 hari berturut-turut.
- Jika Pengguna mengembalikan dana yang hilang dan dari sumber lain, atau ada bukti bahwa Pengguna mencurigai adanya penipuan atau kejadian sehingga Pengguna harus memikul tanggung jawab tersebut untuk diri Pengguna sendiri, Pengguna harus memberitahu DANA pertama kali.
- Pengguna secara material melanggar Perjanjian ini;
- Terdapat peristiwa pengakhiran;
- Pelanggaran dari DANA dan/atau syarat, perjanjian, peraturan, pemberitahuan, dan ketentuan DANA lainnya yang relevan;
- Jika Pengguna tidak melanggar Perjanjian DANA dan hasil dari Perjanjian ini dan tidak mengaitkan dengan alasan Pengguna sehingga mengakibatkan hilangnya dana di Sumber Dana yang muncul melalui layanan Express Pay dan Pengguna tidak mendapatkan keuntungan darinya, Pengguna dapat mengajukan permohonan ke DANA untuk melakukan pemblokiran/penonaktifkan. Pengguna harus segera memberi tahu DANA sebagaimana diharuskan untuk menyerahkan formulir aplikasi/dokumen pendukung yang relevan, DANA akan memproses permintaan dengan kompensasi kami sendiri. Mekanisme ganti rugi khusus ini akan diputuskan oleh DANA berdasarkan kebijaksanaan DANA sendiri untuk menentukan ganti rugi yang paling tepat berdasarkan bukti yang terbukti atas kerugian tersebut dan DANA berkomitmen untuk tidak melanggar hak hukum Pengguna.
- Pengguna setuju untuk memberikan DANA semua informasi yang diperlukan yang relevan dengan Pengguna dan layanan Express Pay untuk memungkinkan DANA melakukan layanan Express Pay dan memberi tahu DANA tentang setiap perubahan dalam informasi Pengguna yang relevan dengan Pengguna dan layanan Express Pay.
- Pengguna mengakui bahwa DANA akan bergantung pada informasi yang diberikan oleh Pengguna dan dalam Permintaan Express Pay dan bahwa DANA tidak diharuskan untuk memverifikasi (juga tidak akan bertanggung jawab kepada Pengguna sehubungan dengan) hal-hal yang disebutkan dalam arahan tertulis yang diterimanya dari Pengguna atau informasi yang terkandung dalam Permintaan Express Pay.
- Pengguna mengetahui dan menyetujui bahwa bank penerbit dapat menentukan limit transaksi berdasarkan kebijakan yang berlaku di bank penerbit tersebut.
V. PERTANGGUNG JAWABAN
- Terlepas dari ketentuan lain dalam Perjanjian ini, tanggung jawab maksimal DANA kepada Pengguna (baik berdasarkan Perjanjian ini, hukum yang berlaku, atau lainnya) sehubungan dengan Perjanjian ini (termasuk sehubungan dengan jaminan atau ketentuan tersirat yang tidak dapat dikecualikan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku) terbatas pada:
- Dimana tanggung jawab DANA terkait dengan wanprestasi atas penyediaan layanan Express Pay.
- Pelaksanaan ulang layanan Express Pay yang sesuai untuk DANA
- Memberikan layanan yang relevan kembali; atau
- Biaya pihak ketiga yang memasuk layanan Express Pay lagi.
- Pengguna mengetahui dan menyetujui:
- Ini merupakan kewajiban Pengguna untuk menentukan keadaan dimana pengembalian dana akan diberikan kepada Pengguna.
- Kecuali jika disepakati secara khusus, DANA tidak berkewajiban untuk (baik berdasarkan Perjanjian ini atau tidak) mengirimkan dana ke pihak lain sebagai pengembalian dana.
VI. GANTI RUGI
Segala akibat hukum yang disebabkan oleh kesalahan Pengguna dalam menggunakan layanan Express Pay tersebut dan/atau adanya klaim dari pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna. Pengguna dengan ini membebaskan, mengganti kerugian, dan membebaskan DANA dari dan terhadap semua klaim oleh pihak mana pun yang berkelanjutan, yang ditimbulkan dari atau sehubungan dengan Perjanjian ini atau perannya terkait dengan layanan Express Pay termasuk (namun tidak terbatas) pada klaim sehubungan dengan berikut:
- Penyalahgunaan layanan Express Pay oleh Pengguna;
- Penyalahgunaan atau pencurian Permintaan Express Pay apa pun yang Pengguna miliki, terlepas dari bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi;
- Suatu pembayaran, kewajiban, transaksi, atau transfer yang diproses berdasarkan Perjanjian ini atau Permintaan Express Pay menjadi batal atau tidak dapat dibatalkan berdasarkan hukum apa pun yang berkaitan dengan kepailitan atau kebangkrutan kecuali sejauh klaim tersebut disebabkan oleh penipuan atau kelalaian besar dari DANA;
- Penafsiran Permintaan Express Pay atau perubahan apa pun pada Permintaan Express Pay tidak benar;
- Keterlambatan penerimaan informasi baru atau koreksi oleh DANA dari Pengguna;
- Payment Express dilakukan dari rekening bank yang salah dimana informasi ini diberikan oleh Pengguna;
- Kegagalan Pengguna untuk memberikan informasi yang lengkap dan benar kepada DANA sesuai dengan tujuan Perjanjian ini; dan/atau
- Kegagalan Pengguna untuk mematuhi kewajiban apa pun yang terutang oleh DANA berdasarkan atau sehubungan dengan Perjanjian ini.
VII. GARANSI
- Pengguna memiliki kapasitas dan wewenang untuk menggunakan fitur Express Pay dan mengadakan Perjanjian ini.
- Pengguna menggunakan layanan Express Pay untuk memastikan semua informasi selama layanan Express Pay berlangsung adalah benar, akurat, lengkap, dan berguna, untuk menggunakan semua informasi yang Pengguna berikan, DANA memerlukan informasi seperti nama, nomor KTP, nomor kartu debit atau kartu kredit bank, dan nomor telepon genggam yang semuanya menjadi bagian dari informasi Akun DANA Pengguna. Jika Pengguna menyampaikan informasi yang salah atau tidak selesai, kerugian akan ditanggung oleh Pengguna.
- Pengguna memberikan kuasa kepada DANA selama menggunakan layanan Express Pay atau setelah penghentian layanan Express Pay berupa hak untuk menyimpan data/informasi yang Pengguna gunakan selama pengguna layanan Express Pay dengan DANA, sepanjang pemberian kuasa tersebut tidak dapat dibatalkan.
- Pengguna tidak boleh mengalihkan atau mengirimkan hak atau kewajiban Pengguna berdasarkan dokumen ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari DANA (persetujuan tersebut tidak akan ditahan atau ditunda secara tidak wajar).
SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNA BNI AUTOPAYMENT (Pada Aplikasi DANA)
a). Registrasi
- Untuk dapat melakukan registrasi BNI Autopayment, calon Pengguna BNI Autopayment harus memiliki Nomor HP yang terdaftar pada Core Banking BNI saat melakukan pembukaan rekening. Calon Pengguna BNI Autopayment wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor telepon seluler milik calon Pengguna BNI Autopayment sendiri sebagai Nomor HP yang terdaftar pada Core Banking BNI. Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor telepon seluler milik pihak lain menjadi tanggung jawab Pengguna BNI Autopayment sepenuhnya dan Pengguna BNI Autopayment dengan ini membebaskan BNI dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
- Pada saat registrasi BNI Autopayment, calon Pengguna BNI Autopayment wajib memasukkan antara lain:
- 4 Digit terakhir nomor kartu ATM yang valid, masih aktif, dan tidak terblokir
- Limit Harian
- No Rekening
- Kode OTP yang sesuai.
- Pengguna BNI Autopayment wajib memastikan Nomor HP yang terdaftar pada Core Banking BNI valid, masih aktif, dan tidak terblokir. Apabila terdapat perubahan Nomor HP yang terdaftar pada Core Banking, maka Pengguna BNI Autopayment wajib melakukan pengkinian data Nomor HP yang terdaftar pada Core Banking BNI di Cabang BNI terdekat atau sarana lain yang ditentukan oleh BNI.
- BNI tidak akan memproses registrasi BNI Autopayment apabila tidak memenuhi ketentuan butir 2 tersebut di atas atau karena sebab-sebab lainnya sesuai ketentuan yang berlaku di BNI.
- Pengguna BNI Autopayment secara sadar menyetujui dan mempersilahkan BNI untuk dapat melakukan pembuatan Virtual Account Autopayment atas rekening yang konsumen/nasabah miliki di BNI dan mengizinkan maupun memberi kuasa untuk BNI melakukan pendebetan secara otomatis atas permintaan yang dikirimkan oleh Biller pada Virtual Account Debit konsumen/nasabah yang poolingnya merupakan rekening BNI yang dimiliki konsumen/nasabah.
- Pengguna BNI Autopayment wajib memastikan dan menjaga kerahasiaan Akun/User ID Pelanggan dan password atas Akun/User ID Pelanggan pada Biller. Pengguna BNI Autopayment bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan penyalahgunaan Akun/User ID Pelanggan dan password Akun/User ID Pelanggan dan atas segala kerugian yang timbul dari penyalahgunaan tersebut dan membebaskan BNI dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
- Pengguna BNI Autopayment dapat melakukan registrasi lebih dari 1 (satu) rekening untuk masing-masing Biller.
- Pengguna BNI Autopayment wajib menentukan Rekening Default yang akan digunakan sebagai sumber dana utama untuk Transaksi melalui situs dan/atau aplikasi Biller dan/atau fasilitas yang akan disediakan BNI di kemudian hari apabila:
- Pengguna BNI Autopayment mendaftarkan lebih dari 1 (satu) rekening; atau
- Penentuan Rekening Default dilakukan dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku di BNI.
- Setelah registrasi BNI Autopayment berhasil diproses, Pengguna BNI Autopayment dapat langsung melakukan Transaksi dengan menggunakan Akun/User ID Pelanggan.
- Pengguna BNI Autopayment dapat mengubah, menambah, atau menghapus rekening sumber dana pada situs dan/atau aplikasi Biller atau sarana lain yang ditentukan oleh BNI dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku di BNI.
- Untuk pengguna Autopayment yang menggunakan jenis Autodebet maupun Auto top up maka telah setuju untuk memberikan kuasa kepada Biller untuk memberikan perintah ke BNI untuk melakukan pendebetan sesuai nominal yang diperintahkan oleh Biller. Segala jenis penyalahgunaan dan ketidaksesuaian perintah maupun nominal yang dikirimkan Biller ke BNI merupakan sepenuhnya tanggung jawab dari Biller dan sehingga Pengguna BNI Autopayment membebaskan BNI dari segala jenis tuntutan dan penggantian kerugian.
b). Ketentuan Pengguna BNI Autopayment
- Pengguna wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor telepon seluler milik Pengguna sendiri sebagai Nomor HP yang terdaftar di Core Banking BNI saat pembukaan rekening.
- Segala akibat yang timbul dari didaftarkannya nomor telepon seluler milik pihak lain menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya dan Pengguna dengan ini membebaskan BNI dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/ atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
- Pengguna BNI Autopayment bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan Rekening, Nomor HP, Akun/User ID pada situs/aplikasi Biller, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan informasi dimaksud.
- Pengguna BNI Autopayment akan dikenakan biaya pengiriman Short Message Service (SMS) untuk setiap transaksi yang memerlukan OTP seperti proses registrasi, perubahan limit maupun transaksi jika diperlukan. Besarnya biaya SMS adalah sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh masing-masing operator seluler. Sehingga saat pengiriman OTP pulsa pada nomor Pengguna Autopayment harus tersedia.
- Dalam hal kartu yang terhubung dengan Rekening yang didaftarkan dan/atau Nomor HP dicuri atau hilang, maka Pengguna BNI Autopayment wajib untuk secepatnya menghubungi BNI Call Center dan/atau Biller. Selama pemberitahuan pencurian atau kehilangan belum diterima oleh BNI dan/atau Biller, maka setiap Transaksi dengan Nomor Rekening tersebut yang dilakukan atas Akun/User ID Pengguna menjadi tanggung jawab Pengguna BNI Autopayment sepenuhnya.
- Dalam hal Akun/User ID Pengguna diketahui oleh pihak selain Pengguna BNI Autopayment, maka Pengguna BNI Autopayment wajib untuk secepatnya menghubungi Biller untuk mencegah penyalahgunaan Akun/User ID Pengguna oleh pihak lain. Segala transaksi yang terjadi sebelum Pengguna BNI Autopayment menghubungi Biller menjadi tanggung jawab Pengguna BNI Autopayment sepenuhnya.
- Pengguna BNI Autopayment wajib menanggung biaya-biaya Transaksi dan biaya-biaya lainnya terkait Transaksi yang berlaku di BNI yang akan diberitahukan oleh BNI kepada Pengguna BNI Autopayment dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Biaya-biaya tersebut akan langsung didebet oleh BNI dari nomor rekening yang terdaftar.
- Pengguna BNI Autopayment dengan ini memberikan persetujuan kepada BNI untuk memberikan data Pengguna BNI Autopayment kepada Biller untuk keperluan registrasi, serta pemrosesan dan penyelesaian Transaksi.
- BNI berhak melakukan pemblokiran BNI Autopayment dan/atau mengakhiri pemberian BNI Autopayment kepada Pengguna BNI Autopayment dalam hal:
- Pengguna BNI Autopayment tidak memenuhi ketentuan yang berlaku di BNI maupun ketentuan hukum yang berlaku;
- Pengguna BNI Autopayment tidak memenuhi ketentuan permintaan informasi dan/atau dokumen pendukung sesuai ketentuan yang berlaku di BNI dan ketentuan hukum yang berlaku;
- Pengguna BNI Autopayment diketahui dan/atau patut diduga menggunakan dokumen palsu dan/atau memberikan data yang tidak benar kepada BNI;
- Pengguna BNI Autopayment menyampaikan informasi yang diragukan kebenarannya; dan/atau
- Pengguna BNI Autopayment memiliki atau menggunakan nomor rekening yang didaftarkan untuk transaksi yang diketahui dan/atau patut diduga berasal dari hasil tindak pidana.
- Penutupan BNI Autopayment dapat dilakukan oleh Pengguna BNI Autopayment dengan melakukan Unsubscribe/berhenti berlangganan yang telah didaftarkan pada Akun/User ID Pengguna melalui situs/aplikasi Biller dan/atau fasilitas yang akan disediakan BNI di kemudian hari.
c). Transaksi BNI Autopayment
- Pada saat melakukan Transaksi, Pengguna BNI Autopayment harus memastikan Nomor Rekening dan kartu (jika ada) yang terhubung dengan BNI Autopayment tersebut aktif dan tidak terblokir.
- BNI tidak bertanggung jawab atas dan tidak wajib memeriksa keabsahan data Transaksi yang diterima dari Biller.
- Setiap kali Pengguna BNI Autopayment melakukan Transaksi, Pengguna BNI Autopayment harus login dengan Akun/User ID Pengguna.
- Pengguna BNI Autopayment wajib memeriksa data Transaksi yang ditampilkan di situs dan/atau aplikasi Biller sebelum melakukan Transaksi. Transaksi yang telah diproses BNI tidak dapat dibatalkan. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan dijalankannya Transaksi menjadi tanggung jawab Pengguna BNI Autopayment sepenuhnya.
- Transaksi dilakukan dalam mata uang Rupiah (IDR).
- Sebelum melakukan Transaksi Pengguna BNI Autopayment wajib memastikan bahwa saldo nomor rekening yang dipilih Pengguna BNI Autopayment cukup untuk melakukan Transaksi.
- Pengguna BNI Autopayment dengan ini memberikan kuasa kepada BNI untuk melakukan pendebetan Nomor Rekening yang didaftarkan untuk keperluan penyelesaian Transaksi.
- BNI akan melakukan pendebetan pada Nomor Rekening yang didaftarkan yang ditentukan oleh Pengguna BNI Autopayment sesuai dengan nominal Transaksi dengan memperhatikan Limit Harian, Limit Biller dan saldo pada Nomor Rekening yang didaftarkan.
- Apabila saldo pada Nomor Rekening yang didaftarkan melampaui Limit Harian maka Pengguna harus meningkatkan Limit Harian hingga maksimal < dari Limit Biller. Jika sudah melebihi maka di hari tersebut Pengguna sudah tidak dapat melakukan Transaksi. Penurunan limit harian akan efektif baru pada H+1 dari permintaan penurunan limit.
- Apabila sisa Limit Harian mencukupi namun saldo pada Nomor Rekening yang didaftarkan kurang dari nominal Transaksi, maka Transaksi akan gagal.
- Apabila Biller menentukan bahwa produk dan/atau jasa yang dibeli harus dibayar penuh, Transaksi tidak akan diproses jika Limit Harian dan saldo Nomor Rekening yang didaftarkan tidak mencukupi untuk penyelesaian Transaksi.
- BNI berhak untuk menolak pembayaran Transaksi antara lain apabila:
- Nomor Rekening milik Pengguna BNI Autopayment yang didaftarkan pada Akun/User ID Pelanggan tidak dapat digunakan untuk bertransaksi sesuai ketentuan yang berlaku di BNI;
- Nomor Rekening Pengguna dalam keadaan dormant atau terblokir;
- Saldo pada Nomor Rekening Pengguna yang terdaftar tidak tersedia;
- Limit Harian telah terlampaui;
- Nomor Rekening yang dipilih Pengguna BNI Autopayment untuk melakukan Transaksi tidak diterima oleh Biller.
- BNI akan mengirimkan notifikasi Transaksi melalui SMS ke nomor yang terdaftar pada Core Banking dan alamat Email Pengguna untuk Transaksi yang telah diproses BNI ke Biller dan Nasabah dapat mengecek status Transaksi pada situs dan/atau aplikasi Biller.
- Nominal Transaksi per Nomor Rekening adalah minimal Rp 1,- (satu rupiah) dan maksimal sebesar Limit Harian. Keberlakuan limit dimaksud tetap memperhatikan:
- Pembatasan nilai Limit Biller;
- ketersediaan saldo pada Nomor Rekening yang didaftarkan pada saat melakukan pembayaran Transaksi.
- BNI berhak untuk mengubah Limit Biller, perubahan mana akan diberitahukan oleh BNI kepada Pengguna BNI Autopayment dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
- BNI tidak bertanggung jawab atas kegagalan pembelian barang dan/atau jasa pada situs dan/atau aplikasi Biller (termasuk namun tidak terbatas pada kualitas, harga, penyerahan, dan pengiriman barang dan/atau jasa oleh Biller kepada Pengguna BNI Autopayment), setelah dana pada Rekening Default berhasil didebet oleh BNI.
- BNI tidak bertanggung jawab atas kerahasiaan dan/atau penyalahgunaan segala informasi dan/atau data yang dikirim oleh BNI terkait dengan setiap Transaksi yang dilakukan melalui Express CheckOut setelah informasi dan/atau data tersebut dikirimkan keluar dari sistem BNI.
- BNI tidak menerima permintaan refund dari Pengguna, sehingga Pengguna hanya dapat melakukan permohonan refund kepada Biller dengan ketentuan refund yang diatur oleh masing-masing Biller.
- BNI akan melakukan proses refund/pengembalian dana hanya berdasarkan permintaan dari Biller dengan mengacu pada mekanisme yang telah diatur oleh BNI.
d). Perubahan Limit BNI Autopayment
- BNI berhak sewaktu-waktu mengubah Limit Biller berdasarkan kebijakan yang berlaku di BNI yang akan diberitahukan kepada Pengguna BNI Autopayment dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
- Apabila Limit Biller setelah diubah menjadi lebih rendah dibandingkan dengan Limit Harian Pengguna BNI Autopayment, maka Limit Harian Pengguna BNI Autopayment akan secara otomatis berubah menjadi Limit Biller yang terkini. Perubahan limit tersebut akan berlaku efektif pada H+1 hari kalender setelah perubahan Limit Biller dilakukan pada sistem BNI.
- Pengguna BNI Autopayment dapat melakukan perubahan Limit Harian pada masing-masing Nomor Rekening yang terdaftar melalui situs, aplikasi Biller, dan/atau media lainnya yang disediakan oleh BNI di kemudian hari.
- Pada saat mengubah Limit Harian, Pengguna BNI Autopayment wajib melakukan antara lain:
- Memilih Nomor Rekening yang akan diubah Limit Hariannya;
- Mengisi Limit Harian baru;
- Mendapatkan pengiriman OTP pada Nomor HP yang terdaftar di Core Banking;
- Memasukkan kode OTP yang diperoleh dari BNI.
- Perubahan Limit Harian oleh Pengguna BNI Autopayment harus mengacu pada Limit Biller dan perubahan Limit Harian tersebut berlaku secara real time setelah perubahan Limit Harian berhasil dilakukan untuk kenaikan limit, namun untuk penurunan limit efektif H+1.
e). Penanganan Keluhan
- Pengguna BNI Autopayment dapat menyampaikan keluhan/pengaduan kepada BNI sehubungan dengan BNI Autopayment melalui BNI Call Center 1500046. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BNI berhak meminta Pengguna BNI Autopayment untuk menyerahkan fotokopi identitas diri dan dokumen pendukung lainnya.
- Saat Pengguna Autopayment tidak menerima SMS OTP dan pulsa tersedia maka Pengguna Autopayment dapat melakukan mekanisme resend OTP yang ada di platform Biller atau jika dikatakan lain oleh Biller dapat mengikuti mekanisme yang ditentukan oleh Biller.
- BNI akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
- Setiap keluhan terkait penggunaan BNI Autopayment harus disampaikan oleh Pengguna BNI Autopayment kepada BNI selambat-lambatnya 14 hari kerja sejak tanggal Transaksi.
- Penanganan atas keluhan yang terkait dengan transaksi direct debit atau transaksi melalui BNI Autopayment (selain transaksi QRIS) membutuhkan analisis dan investigasi yang komprehensif diharapkan dapat diselesaikan BNI selambat-lambatnya dalam 7 hari kerja setelah keluhan diterima BNI.
- Penanganan atas keluhan yang terkait dengan transaksi QRIS melalui BNI Autopayment diharapkan diselesaikan BNI selambat-lambatnya dalam 22 hari kerja setelah keluhan diterima oleh BNI.
f). Biaya Transaksi
- Pengguna BNI Autopayment telah memahami bahwa adanya pengenaan atau pembebanan biaya transaksi maupun nominal yang dibebankan sepenuhnya merupakan kebijakan dari Biller pemilik platform jual/beli/tempat transaksi berlangsung dan bukan merupakan kebijakan BNI,
g). Lain-lain
- Pengguna BNI Autopayment memahami sepenuhnya bahwa:
- roduk dan/atau jasa yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan BNI Autopayment bukan merupakan produk dan/atau jasa BNI. Segala sesuatu yang berkaitan dengan produk dan/atau jasa yang ditawarkan melalui situs dan/atau aplikasi Biller merupakan tanggung jawab Biller sepenuhnya. Segala perselisihan yang timbul sehubungan dengan Transaksi adalah di luar tanggung jawab BNI dan wajib diselesaikan oleh Pengguna BNI Autopayment dengan Biller.
- Kebenaran informasi yang tercantum pada situs dan/atau aplikasi Biller merupakan tanggung jawab Biller sepenuhnya.
- Pengguna BNI Autopayment dengan ini membebaskan BNI dari segala macam tuntutan, gugatan, atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun dan dari pihak manapun termasuk dari Pengguna BNI Autopayment sendiri terkait dengan produk dan/atau jasa yang ditawarkan melalui situs dan/atau aplikasi Biller, termasuk namun tidak terbatas pada kualitas, harga, penyerahan, dan pengiriman produk dan/atau jasa oleh Biller kepada Pengguna BNI Autopayment.
- BNI tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan keterlambatan dan/atau tidak dapat dilaksanakannya instruksi dari Pengguna BNI Autopayment oleh BNI baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan BNI (force majeure), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, tidak berfungsinya peralatan dan sistem, gangguan pada transmisi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan kebijakan pemerintah atau regulator.
- Dengan menggunakan BNI Autopayment, Pengguna BNI Autopayment dengan ini menyatakan telah memahami biaya, manfaat, fitur dan risiko terkait produk BNI Autopayment sepenuhnya serta tunduk dan terikat pada isi Ketentuan-Ketentuan BNI Autopayment BNI ini. BNI berhak untuk mengubah, melengkapi, atau mengganti Ketentuan-Ketentuan BNI Autopayment BNI ini yang akan diberitahukan oleh BNI kepada Pengguna BNI Autopayment dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
Ketentuan BNI Autopayment ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang- undangan termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.